Study
Pengertian Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Public Relation

Bertanggung jawab untuk mempromosikan dan menjaga hubungan baik dengan siapapun, dalam rangka menjaga citra prestisius/positif dari hotel.
Mengembangkan dan menyelenggarakan kegiatan promosi; berkoordinasi dengan departemen terkait; mempersiapkan dan masalah siaran pers, mengundang VIP dan media untuk kegiatan promosi.
Tugas Dan Tanggung Jawab
• Operasional
- Merencanakan, mengatur, mengendalikan, mengkoordinasikan dan berpartisipasi dalam kegiatan public relations.
- Menyiapkan promotional media releases untuk kegiatan yang berhubungan dengan tamu dan karyawan serta hal-hal lain di hotel yang dapat dipromosikan.
- Mempersiapkan brochures, hotel newsletter bulanan dan bahan-bahan promosi lainnya.
- Menyiapkan target dan anggaran tahunan public relations, bekerjasama dengan Sales mengembangkan rencana kerja untuk pencapaian target; membandingkan antara target dan hasil pencapaian (actual) secara berkala dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan.
- Berfungsi sebagai penghubung antara hotel dengan media untuk mempromosikan publisitas yang baik dan menangkal publisitas yang kurang baik.
- Berkoordinasi dengan agen periklanan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan promosi, advertising campaigns, dll.
- Menjaga hubungan baik dengan masyarakat, mengundang media serta menyambut tamu VIP yang datang.
- Mengikuti briefing dan meeting yang berkaitan dengan bagian Sales & Marketing.
- Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab lain yang berkaitan dengan bagian Sales & Marketing.
• Administrasi
- Kliping semua informasi yang berkaitan dengan promosi/informasi segala sesuatu yang berhubungan dengan hotel yang ada di koran.
- Membuat laporan bulanan tentang semua kegiatan yang telah dan akan dilakukan bulan berikutnya dari departemen public relations dan promotion.
• Kekaryawanan
- Berperilaku dan berpenampilan yang baik serta selalu menjadi contoh bagi karyawan, dan membangun hubungan kerja yang harmonis dengan tamu, atasan, rekan sekerja dan keseluruhan karyawan.
- Mengikuti program-program pelatihan antara lain: mengenai latihan kebakaran secara berkala, cara melaksanakan pekerjaan, penggunaan peralatan dan lain-lain.
- Mengikuti penilaian karya tahunan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
- Mengerti dan taat kebijakan perusahaan mengenai kebakaran, kesehatan, keselamatan dan keamanan.
- Datang ke tempat kerja tepat waktu, memakai pakaian seragam dan name tag pada setiap waktu serta standart grooming yang benar.
- Berperilaku sopan dan memberikan pelayanan profesional pada setiap waktu.
- Mengerti dan taat peraturan perusahaan