Study

Pengertian Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Public Relation

Bertanggung jawab untuk mempromosikan dan menjaga hubungan baik dengan siapapun, dalam rangka menjaga citra prestisius/positif dari hotel.

Mengembangkan dan menyelenggarakan kegiatan promosi; berkoordinasi dengan departemen terkait; mempersiapkan dan masalah siaran pers, mengundang VIP dan media untuk kegiatan promosi.

Tugas Dan Tanggung Jawab

• Operasional

  • Merencanakan, mengatur, mengendalikan, mengkoordinasikan dan berpartisipasi dalam kegiatan public relations.
  • Menyiapkan promotional media releases untuk kegiatan yang berhubungan dengan tamu dan karyawan serta hal-hal lain di hotel yang dapat dipromosikan.
  • Mempersiapkan brochures, hotel newsletter bulanan dan bahan-bahan promosi lainnya.
  • Menyiapkan target dan anggaran tahunan public relations, bekerjasama dengan Sales mengembangkan rencana kerja untuk pencapaian target; membandingkan antara target dan hasil pencapaian (actual) secara berkala dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan.
  • Berfungsi sebagai penghubung antara hotel dengan media untuk mempromosikan publisitas yang baik dan menangkal publisitas yang kurang baik.
  • Berkoordinasi dengan agen periklanan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan promosi, advertising campaigns, dll.
  • Menjaga hubungan baik dengan masyarakat, mengundang media serta menyambut tamu VIP yang datang.
  • Mengikuti briefing dan meeting yang berkaitan dengan bagian Sales & Marketing.
  • Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab lain yang berkaitan dengan bagian Sales & Marketing.

• Administrasi

  • Kliping semua  informasi yang berkaitan dengan promosi/informasi segala sesuatu yang berhubungan dengan hotel yang ada di koran.
  • Membuat laporan bulanan tentang semua kegiatan yang telah dan akan dilakukan bulan berikutnya dari departemen public relations dan promotion.

• Kekaryawanan

  • Berperilaku dan berpenampilan yang baik serta selalu menjadi contoh bagi karyawan, dan membangun hubungan kerja yang harmonis dengan tamu, atasan, rekan sekerja dan keseluruhan karyawan.
  • Mengikuti program-program pelatihan antara lain: mengenai latihan kebakaran secara berkala, cara melaksanakan pekerjaan, penggunaan peralatan dan lain-lain.
  • Mengikuti penilaian karya tahunan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  • Mengerti dan taat kebijakan perusahaan mengenai kebakaran, kesehatan, keselamatan dan keamanan.
  • Datang ke tempat kerja tepat waktu, memakai pakaian seragam dan name tag pada setiap waktu serta standart grooming yang benar.
  • Berperilaku sopan dan memberikan pelayanan profesional pada setiap waktu.
  • Mengerti dan taat peraturan perusahaan

Back to top button